Angrek Spesies +

Vanda devogtii

Vanda spesies ini berasal dari kota Palu, Sulawesi Utara. Aku dapetnya dari temen sesama hobiis anggrek. Sekitar nyaris dua tahun tanaman ini ada di halamanku, baru deh berbunga. Bunganya berukuran sedang untuk ukuran Vanda. Tidak sekecil bunga Vanda limbata, tapi tidak sebesar bunga Vanda tricolor.

Cattleya Mantinii (Hybrid dari C.dowiana X C.bowringiana)

Poto Cattleya ungu yang baru berbunga. Kuntum di belakangnya masih kuncup. Ini bunga pertamanya sejak aku dikasih tetanggaku sekitar 6 bulan lalu.
Naaah… ini poto tanemannya. Udah rimbun. Makanya, begitu pindah ke halamanku, ga begitu lama aku nunggunya (enam bulan termasuk sebentar kalo nunggu taneman anggrek ngeluarin kuncup :) ), si Cattleya cantik ini langsung berbunga.
Aku ga tau persis nama Cattleya ini. Dan apakah ini termasuk spesies ataupun hibrida, aku juga ga tau. Tapi mengingat Cattleya adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin, kemungkinan Cattleya yang aku punya ini adalah jenis hibrida alias udah hasil silangan.

Dendrobium Rong Kamol

Akhirnya aku tau juga nama si anggrek cantik ini. Hasil nanya-nanya di Group Orchids gitu deh. Dan ternyata ini adalah hasil silangan (hibrida) dari Thailand. Makanya namanya bernuansa nama Thailand gitu. Hasil persilangan / keturunan dari Dendrobium Dawn Marie.
Seperti juga Dendrobium jenis lainnya, Dendro ini menyukai sinar matahari yang cukup banyak alias panas pagi sampe siang (sekitar jam 2 siang). Kalo dia ditempatkan di kondisi seperti ini, batangnya akan subur, gemuk, dan rajin berbunga. Dengan catatan, aliran anginnya juga lancar yaaa…

Doritis pulcherrima


Anggrek ini aku dapet dari kakakku. Anggrek ini gampang sekali rimbun. Tumbuh banyak anakan. Tapi, sejak anggrek ini ada di halamanku (udah sekitar 6 tahun), baru sekali dia ngembang. Langsung keluar 3 tangkai sekaligus. Tapi setelah itu, belom berbunga-bunga lagi.
Jadi mohon maaf, aku ga bisa kasih saran gimana cara ngebungain anggrek ini. Karena bagi aku, hal ini juga masih merupakan misteri. ;)

Vanda tricolor Jawa Barat

Vanda tricolor terdiri dari banyak varian. Menyebar di nyaris seluruh kepulauan Nusantara. Tapi corak warnanya sedikit berbeda antara satu daerah dan daerah lainnya.
Nah kalo yang ini, berasal dari Jabar. Aku beli di deket Tangkuban Perahu. Rajin berbunga. Dan beraroma harum.

Dendrobium Burana Jade

Ini poto dari anggrek Dendrobium hybrid .. Aku beli anggrek ini di Taman Anggrek Ragunan. Waktu udah mulai rajin beli beli anggrek, tapi belom join milis para penggemar anggrek. Jadi, awal2nya aku cuma beli yang sedap dipandang mata. Kebanyakan aku beli ya jenis Dendro Hibrida ini.
Begitu udah join milis, akhirnya aku juga seperti yang laen. Lebih menyenangi anggrek hutan asli atau yang lazim disebut anggrek spesies. Lebih mahal, lebih susah untuk membungakannya dan kadang2 ukurannya juga kecil.
Tapi, aku tetep seneng kok kalo anggrek2 hibridaku kaya yang satu ini berkembang. Karena merekalah anggrek2 pertama yang aku punya.

Phalaenopsis amabilis

5 Feb 2010
Ini poto dari anggrek yang biasa disebut anggrek bulan ..
Sebenernya anggrek ini panjang menjuntai. Tapi, pas aku mau moto, ternyata kuncup2nya udah ada yang metik.  olalaaa… mau marah rasanya..
Padahal aku udah nunggu anggrek ini 2 tahun baru mau berkembang satu kali ini. Jumlah kuncupnya belasan. Malah dipetikin orang lewat.
Ya sudahlah … smoga dia rajin berbunga lebat. Amiiiin ….
27 Feb 2011 *oww.. ternyata doaku terkabul*
Setelah peristiwa dipetiknya kuncup-kuncup anggrek bulan ini sama orang lewat, akhirnya tanamannya kupindahin ke dalem halaman rumah. Dan sejak itu, dia rajin berbunga lebat. Senangnya.. :)

Grammatophyllum rumphianum

Poto bunganya..CIMG0289
Dan ini poto tanemannya ..
CIMG0288
Anggrek ini sering disebut juga sebagai Anggrek Macan. Mungkin karena warna bunganya yang mirip dengan warna kulit macan tutul. Bunganya beraroma harum lembut.
Aku dapet anggrek ini dari Palu, Sulawesi. Anggrek ini cuma diletakkan di pot dari kawat. Tanpa media. Di habitatnya, anggrek ini umumnya ditemukan di dahan pohon. Tapi, kalau di rumahku, untuk diletakkan di atas pohon kayanya kurang pas. Karna dua pohon yang ada di depan rumah berbentuk rindang dan teduh. Sementara Anggrek Macan ini sebaiknya diletakkan di tempat terbuka dan kena panas matahari biar rajin berbunga.

Vanda limbata (Flores)

Poto bunganya

Poto bunga berikut tanamannya ..
CIMG0299
Vanda ini aku dapet dari sesama hobiis di Jakarta. Taneman ini berasal dari Flores. Bunganya beraroma lembut. Berwarna merah terang. Tapi, diantara jenis-jenis Vanda, bunga Vanda limbata ini termasuk yang berukuran kecil. Baik tanaman maupun ukuran bunganya tidak sebesar tanaman dan bunga Vanda jenis lainnya.
Vanda ini kuletakkan di dekat pohon. Jadi cuma terkena panas matahari dari pagi sampe tengah hari.

Cymbidium finlaysonianum

Poto bunganya cimg18231
Poto tanamannya
cimg1891
Cymbidium ini aku dapet dari temenku. Katanya dia dapet dari hutan di daerah Sumatera Selatan.
Bunga anggrek ini panjang menjuntai kira-kira sepanjang satu meter. Agak susah motonya. Karena tipe bunganya seperti itu, lebih baik jika bunga ini diletakkan di tempat yang tinggi.
Aku tempatin bunga ini di tempat yang kena cahaya matahari dari pagi sampai tengah hari (setelah itu ketutup bayangan pohon).

Oncidium sp

cimg1822
Blom ketemu nama dari Oncidium ini. Tapi kayanya ini jenis hibrid.
Aku beli anggrek ini tiga tahun yang lalu waktu ada pameran di Bandung. Belinya masih kecil, masih anakan. Baru berbunga sekarang. Anggrek ini, seperti jenis2 Oncidium lainnya, senang dengan cahaya matahari yang lebih. Jadi, dijemur juga ga apa2. Malah jadi subur dan rajin berbunga. Tapi disiramnya dua kali sehari (kalo ga hujan).

Aerides jarkianum

cimg18201
Aerides jarkianum yang aku rawat di halamanku ini berasal dari daerah Tomohon (Sulawesi Utara).
Ini poto hari Minggu tanggal 6 Maret 2011. Untuk kesekian kalinya si anggrek mungil ini berbunga. Karena ukurannya yang kecil mungil (waupun kuntumnya banyak di satu tangkainya), anggrek ini (untungnya) tidak menarik perhatian tetangga dan orang-orang yang lewat. Merekapun tidak berniat untuk memetik tangkai-tangkai bunganya. Jadi anggrek ini tumbuh dengan aman di halaman bagian luar. Bebas dari tangan-tangan jahil.  *leganya*

Oncidium Sharry Baby ‘Sweet Fragrance’

Poto bunganya ..
copy-of-img_4040
Dan ini poto tanamannya (beserta bunganya) ..
img_4039

img_4037
Aku dapet tanaman ini dari kakakku yang juga hobiis anggrek. Anggrek ini tipe yang rajin berbunga. Asal dia dapet panas yang cukup dan aerasi yang baik. Untuk jenis-jenis Oncidium sp, perlu diperhatikan warna daunnya. Warna daun yang sehat adalah hijau kekuningan, bukan hijau tua.
Warna daun yang hijau kekuningan tersebut bisa didapat jika tanaman ini ditempatkan di tempat kena sinar matahari dari pagi hingga +/- pukul 3 siang.
Sesuai namanya, anggrek ini beraroma harum.

Dendrobium mutabile

Poto dari bunganya :
img_38401
Aku beli taneman ini di daerah Gunung Tangkuban Perahu. Termasuk rajin berbunga. Tapi batang tanemannya bener2 ringkih. Kurus banget. Jadi, gampang patah. Mesti dikasih perawatan ekstra.

Cattleya Alma Kee

Poto bunga berikut tanamannya (diantara tanaman laen) :
img_3697
Cattleya ini aku dapet dari temen milis anggrek. Cantik ya bunganya. Kontras. Kuning vs merah.
Kata temen2 milis, melihara Cattleya itu susah. O yea, I felt that way too. Tapi, ternyata, setelah aku pindahin taneman2 anggrekku ke halaman depan yang sirkulasi anginnya sangat2 lancar, malah Cattleya lah yang paling rajin ngembang.
Jadi, kayanya, selaen sinar matahari yang cukup, aerasi adalah kunci keberhasilan membungakan Cattleya.

Vanda helvola

Poto bunganya :

Poto bunga dan tanamannya :

Bunga ini aku dapet dari Bukittinggi, SumBar. Aku pelihara dari hampir 3 tahun yang lalu. Baru berbunga kali ini.

Dendrobium trilamelatum

Poto bunganya
Poto tanemannya
Anggrek ini cocok dengan daerah bercuaca panas. Jika dipapar ke cahaya matahari selama beberapa jam sehari, anggrek ini akan rajin berbunga.
Umumnya, tanaman dewasa akan merontokkan daunnya sebelum berbunga.

Dendrobium Burana Charming

Poto bunganya beserta tanamannya
Anggrek ini aku beli di Jakarta. Tepatnya di Taman Anggrek Ragunan.

Flickingeria fimbriata

Poto bunganya :
Dan ini poto tanemannya :
Anggrek ini aku dapet dari Palu. Bunganya kecil dan mekarnya cuma sehari.
Karena aku nanem anggrek2 di halaman depan dan tempatnya cenderung sempit dan aku harus lebih selektif dalam milih anggrek apa aja yang harus aku pertahanin di taman sempitku, akhirnya anggrek yang ini aku barter dengan hobiis dari Bandung.
Aku sekarang fokus sama anggrek2 showy yg berbunga gede2, berwarna kinclong dan mekarnya lama. Maklum, buat ditanem di halaman depan yang tujuannya untuk keindahan. :)

Dendrobium crumenatum

Ini foto bunganya :
Kalo poto tanemannya :
Anggrek ini umum disebut Anggrek Merpati. Berbau harum.
Anggrek ini adalah jenis umum yang sering dijumpai di pohon2. Secara ekonomis, anggrek ini nyaris tidak bernilai. Karena kemampuannya untuk berkembang biak dengan cepat walaupun tidak dirawat secara khusus.
Anggrek ini akan berbunga jika dipicu oleh suhu yg menurun secara drastis. Jika dalam musim kemarau yang panas, tiba2 turun hujan selama beberapa hari, maka hampir bisa dipastikan, anggrek2 ini akan mengeluarkan kuncup beberapa hari setelah itu.

Dendrobium superbiens

Poto taneman sekaligus bunganya
Poto bunganya ..
Actually, ini adalah anggrek pertama yang aku punya. Dikasih sama (alm) ibunya temenku, dari Palembang. Anggrek ini termasuk yang gampang dirawat. Rajin berbunga.

Cattleya Hawaiian Wedding Song

Poto bunga dari Cattleya Hawaiian Wedding Song
Poto tanamannya :
Anggrek ini aku beli di Bandung. Ternyata dia adaptif di dataran rendah. Pheww… :)
Oya, bunga ini berbau harum dan mekarnya bisa bertahan selama 5 minggu.

Calanthe triplicata

Ini poto bunganya anggrek Calanthe triplicata
Dan ini poto dari tanamannya
Tanaman ini aku dapet waktu mudik ke kampung halaman my hubby. Di Bukittinggi, Sum-Bar. Anggrek ini rajin banget berbunga.

Aerides odorata

Poto tanaman dan bunga dari Aerides odorata
Aerides odorata
Tanaman ini aku dapet dari Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

Coelogyne celebensis

Poto bunga Coelogyne celebensis
img_37071
Tanaman yang aku punya ini berasal dari Palu (Sulawesi Tengah).

Oncidium Golden Shower

Ini bunga dari Oncidium Golden Shower
Dan ini poto dari tanamannya
Bunga ini aku beli waktu aku mudik ke Palembang tahun 2004.

4 komentar:

Debby mengatakan...

Cantiknya... dirumah saya pun sedang menumbuhkan beberapa anggrek dr ukuran kecil, biar terasa senangnya kalau berbunga :-D

Unknown mengatakan...

Media tanam anggrek calante tripilata yg bagus apa ya mba?

Unknown mengatakan...

Media tanam anggrek calante tripilata yg bagus apa ya mba?

hadaslamonaca mengatakan...

T-shirt design at columbia titanium boots
The T-shirt design nier titanium alloy at columbia titanium boots for sale is ion titanium on brassy hair created and designed with high ford focus titanium quality babyliss nano titanium materials. titanium grinder

Posting Komentar

 

KETUT ORCHID Copyright © 2011-2012 | Powered by Ketut Alit