Anggrek Spesies


Cattleya

Posting di tahun 2013. Setelah vakum ga posting poto-poto baru. Sekarang aku udah memantapkan diri untuk menambah koleksi hanya di deretan Cattleya dan sekutu2nya aja (BLC, LC). Genus laen ga akan nambah lagi. Kecuali pas hunting anggrek, iman berikut isi dompet tergoyahkan sama cantiknya anggrek genus laen. So far sih berhasil. Ga beli2 jenis laen selaen Cattleya. Ada sih satu dua anggrek bulan alias Phalaenopsis. Tapi ya itu tadi. Berhasil kurawat hingga berbunga dan akhirnya punah karena disiram air hujan terus menerus. Ya sudahlah. Udah takdirnya mau punah. 
Btw, inilah beberapa Cattleya yang udah bergantian mekar di halamanku. Heran. Kok ga mau kompak mekar semua gitu. Kan bisa semarak kalo berbunga serempak dan terus menerus. *maunyaaaaaa*   
BLC Memoria Helen Brown
BLC Memoria Helen Brown
Catty No ID. Sepertinya ada mirip Pastoral Innocence gitu ya.
Catty No ID. Sepertinya ada mirip Pastoral Innocence gitu ya.
Cattleya No ID. Lupa namanya. Rasanya ini spesies. Bukan hibrid.
Cattleya No ID. Lupa namanya. Rasanya ini spesies. Bukan hibrid.
Cattleya Alma Kee
Cattleya Alma Kee
Cattleya No ID. Silangan apa sama apa gitu. Tag nya hilang lima tahun lalu. Dapet taneman ini dari barteran. Dari waktu taneman ini masih seedling kecil mungil.
Cattleya No ID. Silangan apa sama apa gitu. Tag nya hilang lima tahun lalu. Dapet taneman ini dari barteran. Dari waktu taneman ini masih seedling kecil mungil.
Jadi .. ya begitulah. From now on, blog ini hanya akan mengupdate Cattleya yang bermekaran di halamanku. Setuju kan? Setuju dong. :D

Dendrobium aphyllum

Poto bunganya
Poto tanemannya
Dendrobium ini beraroma harum lembut. Menyukai panas matahari. Jadi aku letakkan tanaman ini di bagian halamanku yang terkena sinar matahari siang hingga sore. Kalau dia cukup kena panas matahari, daunnya akan berwarna hijau semburat ungu. Dan daun-daunnya yang masih muda akan berwarna ungu tua. Tanaman ini cenderung merontokkan daunnya, baru mengeluarkan bunga. Jadi, kalau tanaman sudah rimbun, kelihatan seakan-akan hendak mati. karena cuma berupa tanaman gundul. :) Tapi…, kalau sudah keluar gerombolan bunganya, baru keliatan cantiknya.
Taneman ini aku dapet dari kakakku. Waktu itu beliau ngasih beberapa keiki, dan kemudian… setelah kupelihara selama dua tahun …. keluarlah gerombolan-gerombolan bunganya. Horeeee…!

Vanda devogtii

Vanda spesies ini berasal dari kota Palu, Sulawesi Utara. Aku dapetnya dari temen sesama hobiis anggrek. Sekitar nyaris dua tahun tanaman ini ada di halamanku, baru deh berbunga. Bunganya berukuran sedang untuk ukuran Vanda. Tidak sekecil bunga Vanda limbata, tapi tidak sebesar bunga Vanda tricolor.

Cattleya Mantinii (Hybrid dari C.dowiana X C.bowringiana)

Poto Cattleya ungu yang baru berbunga. Kuntum di belakangnya masih kuncup. Ini bunga pertamanya sejak aku dikasih tetanggaku sekitar 6 bulan lalu.
Naaah… ini poto tanemannya. Udah rimbun. Makanya, begitu pindah ke halamanku, ga begitu lama aku nunggunya (enam bulan termasuk sebentar kalo nunggu taneman anggrek ngeluarin kuncup :) ), si Cattleya cantik ini langsung berbunga.
Aku ga tau persis nama Cattleya ini. Dan apakah ini termasuk spesies ataupun hibrida, aku juga ga tau. Tapi mengingat Cattleya adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin, kemungkinan Cattleya yang aku punya ini adalah jenis hibrida alias udah hasil silangan.

Dendrobium Rong Kamol

Akhirnya aku tau juga nama si anggrek cantik ini. Hasil nanya-nanya di Group Orchids gitu deh. Dan ternyata ini adalah hasil silangan (hibrida) dari Thailand. Makanya namanya bernuansa nama Thailand gitu. Hasil persilangan / keturunan dari Dendrobium Dawn Marie.
Seperti juga Dendrobium jenis lainnya, Dendro ini menyukai sinar matahari yang cukup banyak alias panas pagi sampe siang (sekitar jam 2 siang). Kalo dia ditempatkan di kondisi seperti ini, batangnya akan subur, gemuk, dan rajin berbunga. Dengan catatan, aliran anginnya juga lancar yaaa…

Doritis pulcherrima


Anggrek ini aku dapet dari kakakku. Anggrek ini gampang sekali rimbun. Tumbuh banyak anakan. Tapi, sejak anggrek ini ada di halamanku (udah sekitar 6 tahun), baru sekali dia ngembang. Langsung keluar 3 tangkai sekaligus. Tapi setelah itu, belom berbunga-bunga lagi.
Jadi mohon maaf, aku ga bisa kasih saran gimana cara ngebungain anggrek ini. Karena bagi aku, hal ini juga masih merupakan misteri. ;)

0 komentar:

Posting Komentar

 

KETUT ORCHID Copyright © 2011-2012 | Powered by Ketut Alit